Pada saat usia saya 4 tahun saya sudah masuk TK, tepatnya di TK “Pertiwi” Pagimana. Kayaknya waktu TK dulu ada lagu tentang TK “Pertiwi” Pagimana, cuma saya udah lupa lagunya kayak apa, cuma ingat belakangnya aja. Saya di TK cuma 1 tahun, dari kelas 0 kecil, sama ibu guru langsung di suruh pindah ke 0 besar. Jadi saya masuk SD pada saat usia saya 5 tahun. Jaman dulu usia 5 tahun masuk SD dianggap kecepatan, jadi terpaksa Papa saya membuat langkah-langkah pencurian umur agar saya bisa masuk SD.

Masuk SD, saya memilih SDN 2 Pagimana. Saya masih ingat hari itu Papa menyuruh saya memilih antara SDN 2 Pagimana atau SDN Pembina Inpres Pagimana. Saya pun memilih yang pertama. Di SD prestasi saya cukup lumayan, selalu menjadi juara kelas, dari kelas 1 sampai kelas 6, pasti langganan juara. Hal yang paling menyenangkan yang saya ingat waktu SD adalah pada saat penerimaan rapot. Waktu itu semua murid di suruh membawa makanan untuk makan bersama di sekolah. Mama selalu menyiapkan nasi kuning istimewah buat saya. Makanan itu pun di bagikan ke murid-murid lain. Saya masih ingat saat-saat menyenangkan saat penetuan kelulusan SD, selain karena saya meraih NEM tertinggi, juga akhirnya bisa meninggal seragam merah putih.

Satu-satunya SMP yang ada di Pagimana adalah SMPN Pagimana, sekarang namanya SMP Negeri 1 Pagimana. Saat SMP pun saya masih menjadi langganan juara kelas. Saya juga sering mengikuti lomba cerdas cermat, saat itu. Ada hal yang tidak menyenangkan yang saya ingat waktu SMP, saat saya di pukul oleh guru karena “kesalahan”. Setelah saya dewasa dan bisa berpikir sebagai orang dewasa, saya merasa kadang-kadang hukuman itu berlebihan dan tidak mendidik. Saat penentuan kelulusan Papa hadir saat itu, saya pun meraih NEM tertinggi.

Lulus SMP Papa mengirim saya untuk sekolah di Gorontalo, awalnya sempat terpikir untuk melanjutkan di Surabaya, tapi entah mengapa hal tersebut tidak jadi. Jadilah saya masuk di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jurusan yang saya pilih waktu itu A-1 (Fisika). Di kelas A-1 kita hanya berjumlah 26 orang. Banyak hal-hal yang menyenangkan yang di lewati bersama teman-teman di SMA.

Selepas SMA, Surabaya menjadi tujuan saya, walaupun sempat ada teman yang mengajak ke Jakarta. Pendidikan S-1, saya memilih Teknik Informatika, selepas S-1 saya pun mengambil S-2 dalam bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia. Selain menempuh pendidikan formal, ada banyak pendidikan non formal yang saya ikuti. Dan di Surabaya inilah banyak pola pikir saya yang di rubah dan membentuk mindset yang baru dalam hidup. The journey of thousand miles, begins a step.

0 comments

Post a Comment

 
Pagimana Blog