Orang Pagimana

Nama saya Felly, lengkapnya sih Felly Itung atau Felly Sotanto. Mungkin Anda heran, kok keliatannya ada dua marga yang berbeda di belakang nama saya :) sebenarnya itu ada ceritanya, yang mungkin kapan-kapan mau saya ceritakan. Teman-teman saya yang ada di Pagimana atau yang ada di Sulawesi mengenal saya sebagai Felly Itung. Sedangkan teman-teman saya yang berasal dari pulau Jawa lebih mengenal saya dengan Felly Sotanto. saya memang orang pagimana dan saya lahir di pagimana. Kedua orang tua pun orang Pagimana, dan sampai saat ini mereka masih tinggal di pagimana. Keluarga pun banyak yang tinggal di Pagimana atau desa-desa yang ada di sekitar Pagimana.

Meskipun saya orang Pagimana, saya tinggal di Pagimana hanya sampai usia saya 14 tahun, lalu saya pergi meninggalkan Pagimana untuk melanjutkan pendidikan saya. Setelah meninggalkan tempat kelahiran saya, saya jarang sekali balik ke kampung halaman saya. Saat ini saya tinggal di Surabaya. Hampir separuh hidupku saat ini habis di kota Surabaya. Walaupun begitu saya sih masih merasa sebagai orang Pagimana.

Teman-temanku yang di Pulau Jawa ini tahu benar kalo saya berasal dari Pagimana, kadang mereka bertanya Pagimana itu di mana sih ? Terkadang teman-teman bercanda dan mengolok-ngolok saya, karena tempat kelahiran saya tidak familiar bagi telinga mereka. Ada teman yang menyebut Pagimana dengan istilah Where is Morning, katanta biar keren :) mendengar hal itu saya hanya tertawa. Kalo ada teman yang bertanya tentang Pagimana, untuk menjelaskan letak Pagimana, saya harus menyebutkan dulu Pulau Sulawesi, kemudian propinsi Sulawesi Tengah, biasanya belum sempat menjelaskan lebih jauh mereka langsung menyebutkan Palu. Saya sih cuma ngomong ya dekat-dekat situlah. Atau ada teman yang menyebutkan Poso, saya pun menjawab hal yang sama, "ya dekat-dekat dikitlah" :) Tapi biasanya saya juga langsung menyebutkan Luwuk, nah beberapa orang cukup mengenalnya, walaupun banyak juga yang gak tau dimana itu Luwuk, kacian deh luh :)

0 comments

Post a Comment

 
Pagimana Blog